Heboh Hujan Deras Disertai Butiran Es Guyur Cimahi

Daily Trend

Hujan deras mengguyur wilayah Kota Cimahi, Jawa Barat, dan sekitarnya. Hujan itu disertai butiran es sebesar kelereng yang berjatuhan ke atap rumah warga dan jalanan.

Hujan beserta butiran es itu terjadi pada Rabu (25/10/2023) sekitar pukul 13.00 WIB. Warga di wilayah Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, sempat mengabadikan momen itu.

"Waktu hujan, ternyata ada bunyi seperti kerikil batu berjatuhan di seng rumah. Saya lihat dari lantai 2 rumah, terus divideo, ternyata betul ada butiran esnya," kata Kamal, warga setempat, kepada.

Ukuran butiran es itu beragam, tapi rata-rata sebesar kelereng. Durasi hujan es itu juga, kata Kamal, berlangsung sekitar 20 menit. Kemudian butiran es yang turun mulai menghilang.

"Lumayan lama, sekitar 20 menitan. Waktu hujan itu bareng dengan angin kencang, setelah itu ya cuma hujan biasa sudah nggak ada esnya lagi," kata Kamal.

Pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Klas I Bandung, Yuni Yulianti, menjelaskan soal butiran es itu. Berdasarkan prakiraan dinamika atmosfer terkini di Bandung Raya, terdapat beberapa fenomena yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif yang dapat menyebabkan hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.


Previous Post Next Post