The 1st Indonesia Insurance Summit: Mengukir Sejarah Transformasi Industri Asuransi di Nusantara

Daily Trend - Gelaran bersejarah The 1st Indonesia Insurance Summit telah sukses digelar dengan gemilang di kota Yogyakarta. Dimulai dengan kilauan gala dinner pada tanggal 23 Agustus 2023, acara ini secara resmi dibuka oleh pemukulan Gong yang dilakukan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 24  Agustus 2023.  The 1st Indonesia Insurance Summit menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan dalam industri asuransi untuk bersama-sama meretas jalan menuju transformasi yang menjangkau masa depan.

Saat pemukulan Gong yang sarat makna tersebut, Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan tegas menggarisbawahi esensialitas peran asuransi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai tiang penyangga program-program strategis pemerintah. Beliau tidak hanya mengakui pentingnya keduanya, tetapi juga mengekspresikan hasrat untuk menjalin sinergi dengan industri asuransi guna merealisasikan sejumlah program, terutama yang berkaitan dengan pengadaan mobil listrik oleh daerah.

The 1st Indonesia Insurance Summit menjadi momentum berharga bagi para profesional asuransi di Tanah Air untuk mengembangkan kapasitas mereka dalam menghadapi era digital dan era kecerdasan buatan yang semakin mengemuka. Acara dimulai dengan pementasan tarian yang memadukan unsur tradisional dan modern, mencerminkan kesiapan insan-insan asuransi yang profesional dalam mengarungi arus perubahan zaman.

Rangkaian acara ini dihiasi oleh kehadiran narasumber-narasumber ulung, termasuk di antaranya Ogi Prastomiyono dari OJK, yang menjadi pembicara utama dan memberikan pandangan yang mendalam mengenai transformasi industri asuransi. Dalam pidatonya, Ogi Prastomiyono menyampaikan harapan bahwa kolaborasi dan dukungan yang luas dari seluruh pemangku kepentingan akan menjadikan The Indonesia Insurance Summit sebagai tonggak kuat yang membentuk masa depan industri asuransi yang lebih tangguh. Prestasi-prestasi gemilang yang dicapai oleh industri asuransi Indonesia juga dirayakan dalam acara ini. Pertumbuhan aset sebesar 1,92% dan pertumbuhan premi sebesar 4,02% Year-over-Year per Juni 2023, menjadi bukti kinerja yang mengesankan. Keberhasilan ini secara tidak langsung mencerminkan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang berkelanjutan.

Para narasumber tak hanya memaparkan pencapaian-pencapaian, tetapi juga menyentuh isu-isu paling relevan yang tengah dihadapi oleh industri asuransi. Moch. Ihsanuddin dari OJK turut menyoroti penguatan Governance, Risk Management, and Compliance (GRC) dan  membahas Anti Money Laundering (AML). Megawaty Khie dari Google Cloud Indonesia dan Malaysia berbagi pandangan tentang bagaimana kecerdasan buatan (AI) mampu menciptakan inovasi baru, termasuk di dalam industri asuransi.

Selain itu, sesi praktis di hari kedua acara, yang ditutup oleh paparan dari Toto Sugiarto, PHD, membahas peran penting AAMAI dalam memperkuat Sumber Daya Manusia yang profesional di dalam industri asuransi.

The 1st Indonesia Insurance Summit berhasil menyatukan para regulator (Otoritas Jasa Keuangan), pakar-pakar dalam bidang Human Capital perusahaan asuransi, Teknologi Informasi, serta masalah TPPU. Acara ini juga berhasil mengumpulkan pemimpin-pemimpin industri asuransi, para akademisi, serta berbagai asosiasi dan lembaga yang bergerak dalam industri asuransi di Indonesia, semuanya bergabung dalam semangat kolaboratif untuk berbagi informasi terkini, mengatasi perubahan peraturan, serta memetakan peluang dan tantangan yang ada.

The 1st Indonesia Insurance Summit mengakhiri perjalanannya pada tanggal 25 Agustus 2023 dengan acara bermain golf, yang tidak hanya menjadi bagian dari jaringan sosial, tetapi juga menggambarkan semangat kebersamaan yang terjalin dalam acara ini.

Sementara The 1st Indonesia Insurance Summit berakhir, mata tertuju ke masa depan. The 2nd Indonesia Insurance Summit diharapkan akan mengambil langkah lebih maju, melibatkan pemangku kepentingan yang lebih luas, termasuk pakar dan asosiasi internasional, guna memperkaya diskusi dengan pandangan global, serta menjadikan industri asuransi Indonesia semakin siap menghadapi berbagai tantangan kompleks di era mendatang.

Previous Post Next Post