Waspada! Bahaya Penggunaan Earphone Saat Tidur

Daily Trend - Banyak orang cenderung menggunakan earphone saat tidur untuk meningkatkan kenyamanan dan mendengarkan musik yang membantu mereka rileks dan tertidur nyenyak. Namun, kebiasaan ini ternyata dapat berbahaya bagi kesehatan telinga.

Para dokter tidak menganjurkan penggunaan earphone saat tidur, terutama dalam jangka waktu yang lama dan dengan volume suara yang kencang. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan batas penggunaan earphone yaitu maksimal satu jam setiap hari dengan volume tidak melebihi 60 persen dari batas maksimal volume.

Menurut dr. Bagas Wicaksono, dokter spesialis THT-KL di Kemang Medical Care, penggunaan earphone melebihi batas penggunaannya dapat berbahaya bagi saraf pendengaran dan dapat mempercepat penurunan kemampuan mendengar. Dia juga mengacu pada teori 60:60, yaitu tidak lebih dari 60 persen volume suara dan tidak lebih dari 60 menit setiap pemakaian.

Kebiasaan menggunakan earphone saat tidur juga dikaitkan dengan risiko kesehatan seperti noise-induced hearing loss (NIHL), insomnia, dan otitis eksterna. Selain itu, penggunaan earphone dapat menyebabkan penutupan sirkulasi udara pada telinga yang berpotensi menyebabkan penumpukan kotoran di telinga.

Untuk menjaga kesehatan telinga, sebaiknya hindari penggunaan earphone saat tidur dan patuhi batas waktu dan volume yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan. Prioritaskan kesehatan telinga Anda dan konsultasikan dengan dokter jika mengalami masalah pendengaran atau gejala lainnya.

Previous Post Next Post