Cukup 500 Subscriber, YouTube Sudah bisa monetize


Daily Trend - YouTube telah mengubah aturan monetisasi video di platformnya, dengan memberikan kemudahan dalam memenuhi syarat untuk mendapatkan penghasilan melalui YouTube kepada para penggunanya.

Sebelumnya, YouTube memiliki persyaratan yang lebih ketat dalam YouTube Partner Program (YPP). Namun, sekarang persyaratan tersebut telah diturunkan. Berikut ini adalah syarat baru yang harus dipenuhi untuk memenuhi kualifikasi program:

  1. Memiliki 500 subscriber.
  2. Mempublikasikan setidaknya 3 video dalam 90 hari terakhir.
  3. Mencapai total 3.000 jam waktu tonton dalam setahun terakhir atau 3 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Persyaratan baru ini lebih ringan dibandingkan sebelumnya. Sebelumnya, para kreator konten harus memiliki setidaknya 1.000 subscriber dan mencapai 4.000 jam waktu tonton dalam setahun terakhir atau 10 juta penayangan Shorts dalam 90 hari terakhir.

Jika pengguna memenuhi ambang batas baru tersebut, mereka dapat mengajukan permohonan untuk bergabung dalam YPP dan memperoleh akses ke fitur monetisasi seperti Super Thanks, Super Chat, dan Super Stickers. Mereka juga dapat memanfaatkan fitur langganan seperti keanggotaan chanel, serta mempromosikan merchandise mereka melalui YouTube Shopping.

Perubahan syarat ini diterapkan oleh YouTube di Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Taiwan, dan Korea Selatan. YouTube juga berencana untuk memperluas aturan baru ini ke negara lain yang menyediakan program YPP.

Selain itu, YouTube juga sedang melakukan uji coba afiliasi YouTube Shopping kepada banyak YouTuber di Amerika Serikat. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada November 2022. Para kreator konten yang telah bergabung dalam YPP dan memiliki lebih dari 20 ribu subscriber dapat memasukkan tag barang jualan mereka di video dan Shorts, serta mendapatkan komisi dari penjualan tersebut.

Previous Post Next Post