Uji Coba Kereta Cepat Akan di Gratiskan 3 Bulan Untuk Masyarakat


Daily Trend - Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan bahwa Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan memulai uji coba pengangkutan penumpang pada tanggal 18 Agustus 2023. Selama periode uji coba ini, masyarakat diberikan kesempatan untuk mencoba naik kereta cepat Jakarta-Bandung secara gratis.

Namun, Menhub menjelaskan bahwa tidak semua orang dapat mencobanya secara gratis. "Ini operasi awal, uji coba. Tarif gratis akan berlaku sampai Oktober, tetapi penumpang akan dipilih," ujar Menhub ketika ditemui di Stasiun KCIC Halim, Jakarta, pada hari Kamis (22/6/2023).

Di sisi lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menerima arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan tiket gratis kepada masyarakat yang berada di sepanjang jalur rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

"Presiden telah memberikan instruksi agar kita memberikan kesempatan kepada masyarakat yang berada di sepanjang rel ini untuk mencoba naik kereta api secara gratis," kata Luhut.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi, selaku operator KCJB. Dwiyana menyatakan bahwa uji coba gratis akan dibatasi hanya untuk tamu undangan. "Jadi, dalam soft launching dari Agustus hingga Oktober, kami akan memberikan undangan kepada mereka," jelasnya.

Dwiyana juga menyebutkan bahwa dalam soft launching tersebut, masyarakat dapat melakukan perjalanan dari Jakarta hingga Bandung, bukan hanya sampai Stasiun Tegalluar.

"Kami berusaha menyediakan pelayanan feeder karena kami ingin melayani perjalanan dari dan ke kota-kota. Misalnya, dari Sudirman ingin pergi ke Padalarang, mereka bisa menggunakan LRT dan turun di sini, kemudian melanjutkan perjalanan dengan Kereta Cepat turun di Padalarang. Begitu pula sebaliknya, dari Padalarang ke Sudirman," ungkap Dwiyana.

Previous Post Next Post