Unggahan Foto Ponpes Al Zaytun Sholat Id di Sorot Warga Net


Daily Trend - Jagat dunia maya dihebohkan dengan unggahan akun Instagram @kepanitiaanalzaytun. Dalam foto yang diunggah oleh akun tersebut dengan bio "Ini adalah akun resmi Kepanitiaan Al-Zaytun, memberitakan berbagai kegiatan acara di Ma'had Al-Zyatun, Indonesia", terlihat sebuah unggahan foto sholat Id yang digelar pada Sabtu (22/4/2023) yang memicu kontroversi.


Pasalnya, selain shaf jamaah dibuat berjarak, jamaah perempuan juga ditempatkan di posisi paling depan di antara jamaah laki-laki. Ribuan warganet pun akhirnya heboh dan meninggalkan komentar di unggahan tersebut. "Kegiatan perayaan Id Al Fithri di Masjid Rahmatan Lil Alamin Al-Zaytun-Indonesia."


Adapun khutbah Idul Fitri 1444 Hijriyah disampaikan oleh Prof. Abdussalam Rasyidi (AS) Panji Gumilang. Panji Gumilang adalah pendiri Ponpes Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada 13 Agustus 1996.


Dari foto-foto lainnya, terlihat jamaah perempuan juga ikut mendengarkan tausiyah Panji Gumilang dengan duduk di kursi posisi paling depan di antara jamaah laki-laki. Tentu saja, bercampurnya jamaah laki-laki dan perempuan dalam satu saf menimbulkan kontroversi.


Akun @kukuh_fa****, misalnya, heran dengan para jamaah yang terkesan orang terdidik semua. "Yang saya lihat ini orang-orang berpendidikan semua kan ya? Mereka bisa kasih dalil gak, sholat kayak gitu?"


Akun @mas_di**** juga mempertanyakan posisi sholat yang bercampur. "Shaf sholat itu bukan ditentukan oleh jabatan, sekalipun jabatanmu tinggi, tapi kamu perempuan, shaf sholatmu paling belakang," katanya.


Tidak hanya itu, akun @zeer0_jelly**** merasa tidak paham dengan tata cara sholat di Ponpes Al-Zaytun. "Kok ibunya di barisan laki-laki sih Buk, sholat apa struktur organisasi," ujarnya.


Foto tersebut juga mengundang perdebatan keras ketika diunggah di lini masa. Akun Twitter @tanyakanrl mengunggah foto tersebut hingga mendapat ribuan tanggapan, yang mayoritas mempertanyakan tata cara sholat di Ponpes Al-Zaytun.


"Izin tanya, Al-Zaytun itu aliran Islam apa ya, kok perempuan bisa shalat di antara laki-laki dan di shaf paling depan juga? Soalnya saya baru tahu ada organisasi ini. Mohon penjelasannya bagi yang paham," kata akun tersebut.

Previous Post Next Post